Welcome

Selamat datang di Blog saya.
Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda..
Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua,di dalam blog ini kita bisa sharing dan berbagi pengalaman satu sama lain..

Me n My Vega

Me n My Vega
Vega silver 2000

Cari Blog Ini

Jumat, 11 Desember 2009

Service besar..(WAJIB)

OH INI TOH YANG NAMANYA SERVISE BESAR !!!

Service Besar atau bahasa keren-nya Over Houl...
Service besar biasanya dilakukan pada KM motor kita (sebaiknya) diatas 25.000.
Apa saja yg diperbaiki ? sebenernya tidak diperbaiki tetapi di bersihkan di ruang pembakaran yg dipastikan sudah/ada kerak sisa-sisa pembakaran dan mengecek kondisi piston dan ring kita apakah masih bagus, memeriksa klep apakah masih layak.

Pada kendaraan 4 Tak Wajib di services besar...karena banyak hal :

. Pemakaian bensin premiun settingan karbu yg kurang pas ;
Ini mengakibatkan klep ato ruang bakar akan dipenuhi kerak hitam, sehingga membuat tenaga motor over tune (mesin pada kecepatan tinggi gag akan lari), atopun kompresinya pecah..karena diklep adanya kerak yg mebuat kompresinya tidak bagus lagi..sehingga harus di skir klep.

2. Komponen fash moving juga mengalami kendala kerusakan yg sama seperti item yg terbuat dr karet seperti karet dalam rumah kopling setelah 2 tahun hrslah mengalami pengantian yg lain.
3. Kemampuan paking juga mempunyai masa expired dalam menahan trus kompresi di mesin.
4. Kalo seher ato ring seher biasanya ini melihat kasusnya apa dulu ? apakah knalpot ngebul asap putih ? Nah kalo ketemu gejala tsb baru bisa diambil langkah keputusan apakah seher perlu di over size atau tidak


Part-part yg harus diganti karena untuk 1 (satu) kali pemakain lihat pada gambar di atas (gasket, o-ring biasanya)
Pada kasus yg lain, biasanya pada setelan klep baut-bautnya biasanya sudah agak keras kalau dibiarkan bisa patah bila kita sedang stel klep. Tapi ini pada kasus tertentu loh, bukan semuanya. (gambar terlampir)

Untuk wilayah Jabodetabek jasa service besar Rp 45.000 belum termasuk sparepart-nya. Direkomendasikan sebelum service besar sebaiknya kita beli dulu sparepart-nya untuk yg paket headnya sudah ada Yamaha Genuine Part seharaga Rp 65.000 (tidak termasuk baut penyetel klep, hanya gasket/paking, o-ring, seal klep)

Untuk pergantian kampas kopling? sebaiknya periksa dahulu apakah kampas sudah tipis (sebaiknya konsultasikan dulu ke mekanik) untuk per setnya (ada 5 buah) kampas kopling F1ZR kisaran Rp 90.000-140.000. Bila kita service besar di bengkel resmi Yamaha tidak dikenakan ongkos pergantian karena sudah termasuk kategori service besar.

Apa saja yg kita harus lakukan pada saat kendaraan kita serve besar?
1. Cek semua part yg dibutuhkan sudah tersedia.
2. Service dapat dilakukan dalam (maxsimal) 1 hari, pagi masuk sore dah kita bisa ambil dengan asumsi semua part sudah tersedia. Bila harus menginap kendaraan kita, minta penganti kendaraan lain bila tidak ada jangan service besar di tempat itu, cari tempat lain selama bengkel resmi Yamaha.
3. Siapakan oli mesin (rekomendasi Yamalube Xpeed 10-40)
4. Bila ingin menganti kampas kopling sebaiknya kampas koplingnya direndam oli dahulu minimal 24 jam untuk hasil yg maksimal.
5. Bila manifold/leher angsa belum dihaluskan silakan dihaluskan untuk pembakaran yg lebih lancar, jangan lupa lubang yg dari leher angsa ke runang pembakaran yg di blok head dihaluskan juga ingat jangan terlalu halus.

Berdasarkan data diatas tarif rata2nya :
1. Biaya skir klep sekitar 10rb - 20 rb

2. Turun Mesin Sekitar 45rb - 75 rb
3. Ganti kampas kopling sekitar : 70-90 rebu
4. Paking Full set sekitar = 20 - 35 rebu
5. Ring seher apa dulu = 55 rebu

Jadi pada dasarnya Services Besar /Over Houl adalah mengembalikan lagi kondisi motor minimal seperti pabrikan awal lagi....walaupun tdak ngeplek banget yach

Tidak ada komentar:

Posting Komentar