Welcome

Selamat datang di Blog saya.
Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda..
Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua,di dalam blog ini kita bisa sharing dan berbagi pengalaman satu sama lain..

Me n My Vega

Me n My Vega
Vega silver 2000

Cari Blog Ini

Jumat, 11 Desember 2009

Bebek yamaha Bore up 185 cc

Bebek Yamaha Bore Up 185 Cc

Bebek korek jalanan sampai 145 cc? Ehm, itu sih sudah basi! Kini kreasi tukang korek kian gila, ora percoyo? Lihat kreasi pasukan Arjuna Motor yang sakses bikin silinder Yamaha Vega bengkak sampai 185 cc. Trik ini bisa juga ditiru di Jupiter-Z atau Crypton.

"Dipasang seher Honda Tiger dan juga naik stroke," bisik Fikri 'Ncik' Syamlah, tuner bengkel motor di Jl. RM Kahfi I, No. 2A, Ciganjur, Jakarta Selatan. Coba diitung, Bro!

Diameter piston Tiger standar 63,5 mm dan langkah seher di kruk as Vega 54 mm yang dimodif jadi 58 mm. Pakai rumus volume ketemu angka 183,58 cc. Boleh dong dibuletin jadi 185 cc. Gile naik 75 cc, cing!

Soal urusan bore up, bebek Yamaha memang uenak, maklum jarak 4 baut tiang dari crankcase-nya jauh jadi dikasih liner baru superlebar nggak masalah (gbr. 1). Tapi, pilihan pakai seher Tiger noceng adalah langkah bore up extreme.

Karena umumnya tukang korek 4-tak mentok pilih piston Honda Sonic oversize cepek (diameter 59 mm). Itu gara-gara pin seher motor CBU itu sama-sama ukuran 13 mm macam punya Vega, Jupiter-Z atau Crypton.

Nah, diameter pin piston Tiger 15 mm, nggak bakal masuk dong ke setang seher Vega. Dulu ada yang jajal pake bos penganjal agar tetap bisa pakai pin piston Vega. "Ngapain susah-susah, ganti setang seher pakai Yamaha Nouvo yang punya lubang pas pin seher 15 mm," sambar lulusan Fakultas Teknik Universitas Widya Gama Malang itu.

Oh, ini tho triknya! Buat yang serius ikutan trik modif berat, Ncik berbagi caranya kok. Setelah belah mesin Vega, lepas kruk as dan mampir ke tukang bubut untuk ganti setang seher baru.

"Pin big end di crankshaft nggak bisa pakai Vega karena kekecilan ke setang seher Nouvo. Ganti punya Suzuki Shogun 110 yang gedean tapi harus dibubut ujungnya sampai 2 mm agar masuk ke lubang kruk as (gbr. 2)," lanjut pria asal Solo ini. Jangan lupa balans ulang kruk as biar gejala mesin bergetar hilang.

Mumpung masih di tukang bubut, sekalian bikin boring baru yang klop dengan seher Tiger di blok silinder Vega. Juga perbesar moncong crankcase mengikuti diameter luar liner baru sebesar 68,5 mm (gbr. 3).


Nah, urusan blok mesin bawah sudah kelar, mengimbangi gebukan piston bore up Tiger, kepala silinder Vega harus dimodif juga. "Squish diperbesar mengikuti diameter seher Tiger, terus pasang klep lebar punya Honda Sonic (gbr. 4),"

4 komentar: